Minggu, 06 Juli 2014

Kajian Ramadhan : Puasa Mengajarkan Mencintai Orang Miskin

Kali ini kami akan memberikan kajian-kajian seputar islami selama Bulan Ramadhan setiap harinya akan di post melalui website ini, semoga kita semua dapat amal ibadah dan puasa dari Allah SWT aamiin.
Admin akan share kajian Ramadhan Puasa mengajarkan kita untuk bisa mencintai orang miskin.
Apa buktinya? Ketika puasa kita merasakan rasa lapar dan dahaga padahal itu jarang kita temui di kehidupan kita sehari-hari. Biasa kita makan yang enak, minum yang memuaskan. Namun saat puasa, perut kita merasakan keroncongan. Diri merasakan lemas. Itu semua keadaan yang dirasakan pula oleh orang miskin. Intinya, kita diajarkan untuk bisa merasakan apa yang mereka derita. Tujuannya, supaya kita pun bisa mencintai mereka sepenuh hati.
Lihat saja doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau benar-benar ingin mencintai orang miskin.
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِى وَتَرْحَمَنِى وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةَ قَوْمٍ فَتَوَفَّنِى غَيْرَ مَفْتُونٍ أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ
Allahumma inni as-aluka fi’lal khoiroot wa tarkal munkaroot wa hubbal masaakiin, wa an taghfirolii wa tarhamanii, wa idza arodta fitnata qowmin fatawaffanii ghoiro maftuunin. As-aluka hubbak wa hubba maa yuhibbuk wa hubba ‘amalan yuqorribu ilaa hubbik.
(Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah (dosa-dosa)ku, rahmatilah saya, jika Engkau menginginkan untuk menguji suatu kaum maka wafatkanlah saya dalam keadaan tidak terfitnah. Saya memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu)”. (HR. Tirmidzi no. 3235 dan Ahmad 5: 243. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). Doa ini menunjukkan bahwa mencintai orang miskin termasuk amalan baik.)
Untuk itu kita sebagai umat muslim yang beriman di tuntut untuk selalu mencintai orang-orang yang perlu bantuan dari tangan kita seperti anak-anak yatim, maka dari itu selama bulan Ramadhan ini mari kita sama-sama meningkatkan sodakoh pada anak-anak yatim sekitar kita. 
Begitu saja kajian singkat yang admin share mudah mudahan kita semua dapat mengamalkan nya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. 
Terima Kasih 
Narasumber : Muhammad Abduh Tuasikal

0 komentar:

 

Waroenk Bersama Copyright © 2011-2014 Waroenk Bersama is Designed by REDAKSI WAROENK BERSAMA for WoodMag